Big Promo UV Viqua S5Q-PA ~ Selamanya, Setiap Hari!

Click Me!

Apa Itu Karbon Aktif? Karbon Aktif Adalah


Apa Itu Karbon Aktif?


Karbon aktif, atau sering juga disebut sebagai arang aktif, adalah suatu material yang memiliki pori pori sangat banyakpori-pori ini berfungsi untuk menyerap apa saja yang dilaluinya. Suatu jenis karbon yang memiliki luas permukaan yang sangat besar. Hal ini bisa dicapai dengan mengaktifkan karbon atau arang tersebut. 

Hanya dengan satu gram dari karbon aktif, akan didapatkan suatu material yang memiliki luas permukaan kira-kira sebesar 500 m2 (didapat dari pengukuran adsorpsi gas nitrogen). Biasanya pengaktifan hanya bertujuan untuk memperbesar luas permukaannya saja, namun beberapa usaha juga berkaitan dengan meningkatkan kemampuan adsorpsi karbon aktif itu sendiri.


Fungsi Karbon Aktif
  • Karbon aktif berguna sebagai filter untuk menjernihkan air, contoh sederhananya pada depot air isi ulang, karbon aktif diletakkan pada tabung filternya supaya airnya jernih, tidak ada bau dan layak dikonsumsi.
  • Karbon aktif berguna sebagai pemurnian gas, contohnya tabung gas yang kita pakai di rumah untuk memasak itu diolah menggunakan karbon.
  • Karbon aktif berguna sebagai filter industri minuman, contohnya perusahaan yang sudah kita kenal seperti coca-cola.
  • Karbon aktif berguna di farmasi, biasanya di rumah sakit itu banyak limbah cairnya seperti bekas suntikan dll, itu tidak boleh langsung dibuang, berbahaya. Limbah cair tadi harus di saring dulu memakai karbon aktif untuk menghilangkan zat-zat berbahayanya.
  • Karbon aktif berguna di pabrik kimia, untuk menyaring air limbah menjadi air yang tidak lagi berbahaya bagi lingkungan saat dibuang.
  • Karbon aktif berguna di pabrik gula pasir sebagai pemucat atau penghilang warna kuning pada gula pasir.
  • Karbon aktif berguna di penambakan, bisa membuat air laut menjadi air tawar.
  • Karbon aktif berguna di kapal laut. Sama juga untuk memurnikan air laut yang asin menjadi air tawar.
  • Karbon aktif berguna di tempat cuci pakaian alias laundry, berguna untuk menyaring air sabun menjadi air bersih yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman dll, ini namanya karbon yang ramah lingkungan.
  • Karbon aktif berguna di penambangan,  berguna untuk menyerap hasil tambang seperti emas, timah, tembaga dsb. Untuk mendapatkan hasil tambang karbon aktif dicampurkan pada air lumpur yang mengandung bahan tambang, sifat karbon aktif kan menyerap apa saja yang dilaluinya walau material yang kecil sekalipun. Nah bahan tambang yang berbentuk pertikel kecil tadi pada nyangkut di karbon aktif. Setelah itu karbon aktif dibakar, bahan tambang yang mengumpul pada karbon aktif akan kelihatan setelah karbon aktif habis menjadi abu.

0 comments :