Big Promo UV Viqua S5Q-PA ~ Selamanya, Setiap Hari!

Click Me!

SIFAT KIMIA FISIKA KARBON AKTIF | 081322599149 | DAFTAR JUAL KARBON AKTIF

Daftar Harga Karbon Aktif - Jual Karbon Aktif Batok Kelapa

Daftar Harga Karbon Aktif - Jual Karbon Aktif Batok Kelapa

SIFAT KIMIA-FISIKA KARBON AKTIF

Sifat kimia permukaan suatu karbon aktif akan menentukan polar tidaknya karbon tersebut dan biasanya sifat kimia permukaan ini dinyatakan dalam gugus fungsional atau gugus aktif. Beberapa gugus aktif pada karbon yang dikenal antara lain adalah gugus karboksil, gugus laktone, gugus pyrone dan lain-lain.

Karbon aktif telah digunakan sebagai bahan penyerap berbagai macam kontaminan dalam berbagai macam proses pemurnian.

Kemampuan penyerapan suatu karbon aktif sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti struktur pori, metode aktivasi, bahan baku dan sifat kimia permukaan karbon tersebut.

Karbon aktif, atau sering juga disebut sebagai karbon aktif, adalah suatu jenis karbon yang memiliki luas permukaan yang sangat besar. Hal ini bisa dicapai dengan mengaktifkan karbon atau karbon tersebut. Hanya dengan satu gram dari karbon aktif, akan didapatkan suatu material yang memiliki luas permukaan kira-kira sebesar 500 m2 (didapat dari pengukuran adsorpsi gas nitrogen). Biasanya pengaktifan hanya bertujuan untuk memperbesar luas permukaannya saja, namun beberapa usaha juga berkaitan dengan meningkatkan kemampuan adsorpsi karbon aktif itu sendiri. Karbon merupakan suatu padatan berpori, dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon dengan pemanasan pada suhu tinggi.

Ketika pemanasan berlangsung, diusahakan agar tidak terjadi kebocoran udara di dalam ruangan pemanasan sehingga bahan yang mengandung karbon tersebut hanya terkarbonisasi dan tidak teroksidasi. Karbon selain digunakan sebagai bahan bakar, juga dapat digunakan sebagai adsorben (penyerap). Daya serap ditentukan oleh luas permukaan partikel dan kemampuan ini dapat menjadi lebih tinggi jika terhadap karbon tersebut dilakukan aktivasi dengan aktif faktor bahan-bahan kimia ataupun dengan pemanasan pada temperatur tinggi. Dengan demikian, karbon akan mengalami perubahan sifat-sifat fisika dan kimia. Karbon yang demikian disebut sebagai karbon aktif.

Luas permukaan karbon aktif berkisar antara 300-3500 m2/g dan ini berhubungan dengan struktur pori internal yang menyebabkan karbon aktif mempunyai sifat sebagai adsorben. Karbon aktif dapat mengadsorpsi gas dan senyawa-senyawa kimia tertentu atau sifat adsorpsinya selektif, tergantung pada besar atau volume pori-pori dan luas permukaan.

Daya serap karbon aktif sangat besar, yaitu 25-100% terhadap berat karbon aktif. Karbon aktif dibagi atas 2 tipe, yaitu karbon aktif sebagai pemucat dan sebagai penyerap uap.

Karbon aktif sebagai pemucat, biasanya berbentuk powder yang sangat halus, diameter pori mencapai 1000 Å, digunakan dalam fase cair, berfungsi untuk memindahkan zat-zat pengganggu yang menyebabkan warna dan bau yang tidak diharapkan, membebaskan pelarut dari zat-zat pengganggu dan kegunaan lain yaitu pada industri kimia dan industri baju. Diperoleh dari serbuk-serbuk gergaji, ampas pembuatan kertas atau dari bahan baku yang mempunyai densitas kecil dan mempunyai struktur yang lemah. 

Karbon aktif sebagai penyerap uap, biasanya berbentuk granular atau pellet yang sangat keras diameter pori berkisar antara 10-200 Å, tipe pori lebih halus, digunakan dalam fase gas, berfungsi untuk memperoleh kembali pelarut, katalis, pemisahan dan pemurnian gas. Diperoleh dari tempurung kelapa, tulang, batu bata atau bahan baku yang mempunyai struktur keras.

Sehubungan dengan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan karbon aktif untuk masing-masing tipe, pernyataan di atas bukan merupakan suatu keharusan. Karena ada karbon aktif sebagai pemucat diperoleh dari bahan yang mempunyai densitas besar, seperti tulang. Karbon tulang tersebut, dibuat dalam bentuk granular dan digunakan sebagai pemucat larutan gula. Demikian juga dengan karbon aktif yang digunakan sebagai penyerap uap dapat diperoleh dari bahan yang mempunyai densitas kecil, seperti serbuk gergaji.

0 comments :