Contoh Laporan Penelitian Biologi



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Latar belakang berisi dasar teori ringkas yang berisi penjelasan ringkas mengenai konsep yang berhubungan dengan tema praktikum, atau penjelangan mengapa kamu melakukan praktikum tersebut.

1.2 Tujuan
Tujuan berisi konsep yang ingin diketahui atau hasil yang diharapkan dalam praktikum. Tujuan penelitian harus didasarkan pada hipotesis yang didapat dari studi literatur atau paper.


BAB II
METODE PRAKTIKUM


2.1 Waktu dan Tempat
Berisi waktu dan tempat praktikum

2.2 Alat dan Bahan
Alat-alat yang digunakan dalam praktikum, misalnya beaker glass, corong kaca, tabung reaksi, cawan petri, lampu spiritus/kompor, dan seterusnya.

2.3 Tata cara kerja
Tata cara kerja berisi tentang uraian tata cara kerja, alat dan bahan, waktu pelaksanaan praktikum, tim/kelompok praktikum dsb.


BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN


3.1 Data Hasil Pengamatan
Data hasil pengamatan berisi catatan hasil praktikum, berupa data numerik (angka) atau pengamatan terhadap suatu peristiwa.

3.2 Penjelasan
Penjelasan berisi uraian hasil praktikum. Adalah hal yang biasa bagi praktikum mahasiswa, jika hasil tidak sesuai dengan teori. Ini adalah tugas mahasiswa untuk mengetahui ada faktor apa yang menyebabkan hal tersebut. Bisa jadi karena human error ketika praktikum (misal tidak presisi dalam menakar) atau justru hipotesis yang salah karena kurang tepat dalam memahami teori.


BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Kesimpulan berisi perbandingan hasil praktikum dengan hipotesis, apakah berkesesuaian atau tidak. Jumlah kesimpulan harus sesuai dengan jumlah tujuan praktikum. 


DAFTAR PUSTAKA

Berisi daftar literatur yang digunakan sebagai acuan dasar teori.