Dapatkan Ilmu, Info, dan Konsultasi Gratis Seputar Water & Air Treatment, Pengolahan Limbah, Media Filter, Produk dan Jasa Pengolahan Limbah, Lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, Membran Reverse Osmosis, Cartridges, dll di Channel Telegram Adywater. Silakan Klik gambar di bawah ini.
Channel Telegram Adywater

Click Me!

Cara Mendesain Teknik Penyaringan Air Yang Sederhana

Air merupakan sumber bagi kehidupan. Sering kita mendengar bumi disebut sebagai planet biru, karena air menutupi 3/4 permukaan bumi. Tetapi tidak jarang pula kita mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, terutama saat musim kemarau disaat air umur mulai berubah warna atau berbau.

Ironis memang, tapi itulah kenyataannya. Yang pasti kita harus selalu optimis. Sekalipun air sumur atau sumber air lainnya yang kita miliki mulai menjadi keruh, kotor ataupun berbau, selama kuantitasnya masih banyak kita masih dapat berupaya merubah/menjernihkan air keruh/kotor tersebut menjadi air bersih yang layak pakai. Beberapa alternatif cara sederhana dan mudah guna mendapatkan air bersih dengan cara mempergunakan filter air/penyaringan air:

Saringan Kain Katun.
Pembuatan saringan air dengan menggunakan kain katun merupakan teknik penyaringan yang paling sederhana/mudah. Air keruh disaring dengan menggunakan kain katun yang bersih. Saringan ini dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. Air hasil saringan tergantung pada ketebalan dan kerapatan kain yang digunakan.


Saringan Kapas
Teknik saringan air ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dari teknik sebelumnya. Seperti halnya penyaringan dengan kain katun, penyaringan dengan kapas juga dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. Hasil saringan juga tergantung pada ketebalan dan kerapatan kapas yang digunakan.

Aerasi
Aerasi merupakan proses penjernihan dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan diisikannya oksigen ke dalam air maka zat-zat seperti karbon dioksida serta hidrogen sulfida dan metana yang mempengaruhi rasa dan bau dari air dapat dikurangi atau dihilangkan. 


Saringan Pasir Lambat (SPL)
Saringan pasir lambat merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan kerikil. Untuk keterangan lebih lanjut dapat temukan pada artikel Saringan Pasir Lambat (SPL). 


Saringan Pasir Cepat (SPC)
Saringan pasir cepat seperti halnya saringan pasir lambat, terdiri atas lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Tetapi arah penyaringan air terbalik bila dibandingkan dengan Saringan Pasir Lambat, yakni dari bawah ke atas (up flow). Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan kerikil terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan pasir. Untuk keterangan lebih lanjut dapat temukan pada artikel Saringan Pasir Cepat (SPC). 


Gravity-Fed Filtering System
Gravity-Fed Filtering System merupakan gabungan dari Saringan Pasir Cepat(SPC) dan Saringan Pasir Lambat(SPL). Air bersih dihasilkan melalui dua tahap. Pertama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat(SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian hasilnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kali penyaringan tersebut diharapkan kualitas air bersih yang dihasilkan tersebut dapat lebih baik. Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, dapat digunakan beberapa / multi Saringan Pasir Lambat. 


 Saringan Arang
Saringan arang dapat dikatakan sebagai saringan pasir arang dengan tambahan satu buah lapisan arang. Lapisan arang ini sangat efektif dalam menghilangkan bau dan rasa yang ada pada air baku. Arang yang digunakan dapat berupa arang kayu atau arang batok kelapa. Untuk hasil yang lebih baik dapat digunakan arang aktif. Untuk lebih jelasnya dapat lihat bentuk saringan arang yang direkomendasikan UNICEF pada gambar di bawah ini.

Saringan air sederhana/tradisional
Saringan air sederhana/tradisional merupakan modifikasi dari saringan pasir arang dan saringan pasir lambat. Pada saringan tradisional ini selain menggunakan pasir, kerikil, batu dan arang juga ditambah satu buah lapisan injuk / ijuk yang berasal dari sabut kelapa. Untuk bahasan lebih jauh dapat dilihat pada artikel saringan air sederhana.

Saringan Keramik
Saringan keramik dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat dipersiapkan dan digunakan untuk keadaan darurat. Air bersih didapatkan dengan jalan penyaringan melalui elemen filter keramik. Beberapa filter keramik menggunakan campuran perak yang berfungsi sebagai disinfektan dan membunuh bakteri. Ketika proses penyaringan, kotoran yang ada dalam air baku akan tertahan dan lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat permukaan filter. Sehingga untuk mencegah penyumbatan yang terlalu sering maka air baku yang dimasukkan jangan terlalu keruh atau kotor. Untuk perawatan saringan keramik ini dapat dilakukan dengan cara menyikat filter keramik tersebut pada air yang mengalir.

Saringan Cadas/Jempeng/Lumpang Batu
Saringan cadas atau jempeng ini mirip dengan saringan keramik. Air disaring dengan menggunakan pori-pori dari batu cadas. Saringan ini umum digunakan oleh masyarakat desa Kerobokan, Bali. Saringan tersebut digunakan untuk menyaring air yang berasal dari sumur gali ataupun dari saluran irigasi sawah. Seperti halnya saringan keramik, kecepatan air hasil saringan dari jempeng relatif rendah bila dibandingkan dengan SPL terlebih lagi SPC.

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
0821 4000 2080 (Fajri)
0812 2445 1004 (Kartiko)

0813 2259 9149 (WA)

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung

Ady Water Jakarta Barat

Ady Gas

Ady Lab

jual lampu UV

Jual Pasir Silika Aquascape

Ady Water Ciracas
Activated Alumina Alat Laboratorium Amberjet Indonesia Amberlite Indonesia Antrasit Tohkemy Indonesia Birm Indonesia BOD Meter Calgon Indonesia Ceramic Ball Indonesia COD Meter Conductivity Meter Indonesia CSM Indonesia Daftar Harga pH Meter Portable DO Meter Indonesia Dowex Indonesia Eutech Indonesia Ferrolite Tohkemy Indonesia Filmtec Indonesia Gas Treatment Indonesia Hanna Instruments Indonesia Harga Alat Ukur pH Meter Harga Alat Ukur pH Meter Air Harga Alat Ukur pH Meter Tanah Harga Barang pH Meter Harga dan Spesifikasi pH Meter Harga pH Meter Air Kolam Harga pH Meter Aquarium Harga pH meter Hanna Harga pH Meter Hanna HI 98107 Harga pH Meter Hidroponik Harga pH Meter Jogja Harga pH Meter Laboratorium Harga pH Meter Larutan Harga pH Meter Merk Hanna Harga pH Meter Portable Harga pH Meter Tanah Murah Harga pH Meter untuk Tanah Harga Soil pH Meter Haycarb Indonesia HM Digital Indonesia Horiba Indonesia Ionix Indonesia Jacobi Indonesia Jual Ballast Lampu UV Jual DO Meter Jual Ozone Generator jual pH meter Jual pH Meter Tanah di Bandung Jual pH Meter Tanah di Jogja Jual ph Meter Tanah di Kediri Jual pH Meter Tanah di Kota Medan Jual pH Meter Tanah di Malang Jual TDS meter Karbon Aktif Indonesia Kuraray Indonesia Lewatit Indonesia Lutron Indonesia Manganese Greensand Plus Indonesia Media Filter Indonesia Membran RO Indonesia Mettler Toledo Indonesia Milwaukee Indonesia Multiparameter Norit Indonesia ORP Meter Indonesia Ozone Generator PAC Indonesia Pasir Silika Indonesia pH meter pH Meter Indonesia Purolite Indonesia Resin Kation Anion Indonesia Silica Gel Indonesia Strainer KSH Indonesia Takemura Indonesia TDS Meter Indonesia TOC Analyzer Indonesia TSS Meter Indonesia Turbidity Meter Indonesia UV Viqua Sterilight Indonesia Video Water Treatment Indonesia YSI Indonesia Zeolit Indonesia

Click Me!