Click Me!

Karbon Aktif Untuk Pengolahan Tambang Emas Adsorbsi Sianida | Jual Karbon Aktif

Sekarang metode yang paling umum digunakan untuk pemulihan emas dengan solusi resapan sianida.


Carbon Adsorption Recovery yaitu proses adsorpsi emas-perak dengan menggunakan karbon aktif. Dalam sianidasi dengan karbon, bijih emas dilumat menjadi bubur dan emasnya dilarutkan dalam larutan sianida. Kemudian ditambahkan karbon aktif untuk mengadsorpsi ion-ion kompleks emas. Reaksinya:


2Au (CN)2- + Ca2+ + 2C → Ca[C-Au(CN)2]2
2Ag (CN)2- + Ca 2+ + 2C → Ca[C-Ag(CN)2]2

Ada beberapa variasi proses pada karbon adsorption termasuk:

    Carbon-In-Pulp ( CIP )

    Carbon-In-Leach ( CIL )

    Carbon-ln-Column ( CIC )

Karbon aktif.

Di bawah ini adalah spesifikasi yang perlu diperhatikan dalam memilih karbon aktif untuk adsorbsi emas:
1. Hardness/attrition resistant
2. Activity
3. Total gold capasity adsorption
4. Shape and size distribution
5. Ash content
6. Bulk Density
7. Moisture
8. Surface area
9. %-Carbon Tetrachloride ( CTC / CCl4 )
10. %-w/wt Benzene adsorption

Karbon aktif yang berkualitas baik sangat menentukan hasil produksi emas yang diperoleh. Karbon aktif yang baik memiliki : struktur pori-pori yang alami, tingkat ketahanan yang tinggi  ( higher resistence ) terhadap gesekan, tingkat kekerasan yang tinggi ( higher hardness ) dan bentuk yang seragam serta memiliki CTC yang cukip tinggi.

Pilih karbon aktif yang tingkat kekerasannya (hardness) tinggi (up to 99%) sehingga tidak mudah pecah dan kandungan abunya (ash content) rendah (max 3%). Pecahan karbon maupun abu karbon mampu mengabsorbsi emas dengan baik namun kondisi ini tentu akan sangat merugikan karena pecahan karbon yang halus maupun abunya akan ikut hanyut terbuang saat dilakukan botoyong.

Jika menggunakan karbon aktif yang memiliki CTC rendah, emas yang terabsopsi dalam karbon aktif akan mudah terlepas lagi saat proses pencucian karbon / botoyong. CTC yang disarankan sebaiknya 50%-60%. Untuk menghasilkan karbon CTC tinggi harus menggunakan kiln yang berputar dan datar serta kontrol temperatur yang akurat. Karbon yang belum melalui proses kiln biasanya hanya memiliki CTC 10 - 20 %. Hendaknya teliti dalam memilih karbon aktif karena secara kasat mata kita tidak dapat membedakan mana karbon aktif yang memiliki CTC rendah dan mana yang CTC  nya tinggi, untuk itu disarankan untuk menggunakan karbon aktif yang diketahui jelas asal usul pabriknya dan sistem jaminan kualitasnya untuk menghindari karbon aktif yang memiliki CTC rendah.

Biasanya dalam metode CIP menggunakan karbon aktif granular dengan ukuran 6x12  atau 6x16 mesh, sedangkan ukuran 6x16 atau 12x30 mesh digunakan dalam metode CIC. Konsentrasi penggunaan karbon dalam metode CIP adalah 10-25 gram per liter pulp ( 0.5 sampai 1,2% karbon dari volume ).

Karbon Aktif Untuk Tambang Emas
Karbon Aktif Jacobi
Activated Alumina Alat Laboratorium Amberjet Indonesia Amberlite Indonesia Antrasit Tohkemy Indonesia Birm Indonesia BOD Meter Calgon Indonesia Ceramic Ball Indonesia COD Meter Conductivity Meter Indonesia CSM Indonesia Daftar Harga pH Meter Portable DO Meter Indonesia Dowex Indonesia Eutech Indonesia Ferrolite Tohkemy Indonesia Filmtec Indonesia Gas Treatment Indonesia Hanna Instruments Indonesia Harga Alat Ukur pH Meter Harga Alat Ukur pH Meter Air Harga Alat Ukur pH Meter Tanah Harga Barang pH Meter Harga dan Spesifikasi pH Meter Harga pH Meter Air Kolam Harga pH Meter Aquarium Harga pH meter Hanna Harga pH Meter Hanna HI 98107 Harga pH Meter Hidroponik Harga pH Meter Jogja Harga pH Meter Laboratorium Harga pH Meter Larutan Harga pH Meter Merk Hanna Harga pH Meter Portable Harga pH Meter Tanah Murah Harga pH Meter untuk Tanah Harga Soil pH Meter Haycarb Indonesia HM Digital Indonesia Horiba Indonesia Ionix Indonesia Jacobi Indonesia Jual Ballast Lampu UV Jual DO Meter Jual Ozone Generator jual pH meter Jual pH Meter Tanah di Bandung Jual pH Meter Tanah di Jogja Jual ph Meter Tanah di Kediri Jual pH Meter Tanah di Kota Medan Jual pH Meter Tanah di Malang Jual TDS meter Karbon Aktif Indonesia Kuraray Indonesia Lewatit Indonesia Lutron Indonesia Manganese Greensand Plus Indonesia Media Filter Indonesia Membran RO Indonesia Mettler Toledo Indonesia Milwaukee Indonesia Multiparameter Norit Indonesia ORP Meter Indonesia Ozone Generator PAC Indonesia Pasir Silika Indonesia pH meter pH Meter Indonesia Purolite Indonesia Resin Kation Anion Indonesia Silica Gel Indonesia Strainer KSH Indonesia Takemura Indonesia TDS Meter Indonesia TOC Analyzer Indonesia TSS Meter Indonesia Turbidity Meter Indonesia UV Viqua Sterilight Indonesia Video Water Treatment Indonesia YSI Indonesia Zeolit Indonesia

Click Me!