Dapatkan harga terbaik, konsultasi terbaik & keamanan produk di sini

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OKSIGEN TERLARUT (DO) DALAM AIR | Harga DO Meter

Harga DO Meter Murah - 0821 4000 2080

jual do meter, harga do meter
jual do meter, harga do meter, harga do meter murah

Oksigen terlarut (dissolved oxygen/DO) dibutuhkan oleh semua jasad hidup untuk pernasapasan, proses metabolisme atau pertukaran zat yang kemudian menghasilkan energi untuk pertumbuhan dan pembiakan.

Ada 5 faktor yang mempengaruhi oksigen terlarut yang akan dirinci di artikel ini:
1. Difusi udara bebas dari atmosfer
2. Fotosintesis organisme yang hidup dalam perairan
3. Kedalaman titik
4. Pergerakan air permukaan
5. Adanya injeksi oksigen (aerator)

Sumber utama oksigen dalam suatu perairan berasal dari suatu proses difusi dari udara bebas dan hasil fotosintesis organisme yang hidup dalam perairan.

Kecepatan difusi oksigen dari udara, tergantung dari beberapa faktor, antara lain kekeruhan air, salinitas, pergerakan massa air dan udara seperti arus, gelombang dan pasang surut.

Pada lapisan permukaan, kadar oksigen akan lebih tinggi, disebabkan adanya proses difusi antara air dengan udara bebas serta adanya proses fotosintesis.
jual do meter, harga do meter
jual do meter, harga do meter, harga do meter murah

Dengan bertambahnya kedalaman akan terjadi penurunan kadar oksigen terlarut, karena proses fotosintesis semakin berkurang dan kadar oksigen yang ada banyak digunakan untuk pernapasan dan oksidasi bahan-bahan organik dan anorganik.

Oksigen memegang peranan penting sebagai indikator kualitas perairan, karena oksigen terlarut berperan dalam proses oksidasi dan reduksi bahan organik dan anorganik.

Peranan oksigen adalah untuk mengkoksidasi bahan organik dan anorganik dengan hasil akhirnya adalah nutrien yang pada akhirnya memberikan kesuburan perairan.

Oksigen yang dihasilkan akan mereduksi senyawa-senyawa kimia menjadi lebih sederhan dalam bentuk nutrien dan gas.

Karena proses oksidasi dan reduksi inilah maka peranan oksigen terlarut sangat penting untuk membantu mengurangi beban pencemaran pada perairan secara alami yang ditujukan untuk menurunkan air buangan industri dan rumah tangga.

Harga DO Meter Murah - 0821 4000 2080


Kelarutan oksigen dalam air dipengaruhi banyak faktor, diantaranya adalah suhu, kadar garam (salinitas), pergerakan air permukaan, luas daerah permukaan yang terbuka, tekanan atmosfir dan persentase oksigen di sekelilingnya.

Berkurangnya kadar oksigen terlarut dalam air dapat disebabkan oleh naiknya temperatur dan salinitas, proses respirasi organisme perairan, dan proses dekomposisi bahan organik oleh mikroorganisme.

Pernafasan yang meningkat, yang disebabkan meningkatnya jumlah karbon organik di dalam air, mengakibatkan berubahnya jalur dan sumber oksigen.

Oksigen terlarut dalam air dapat diukur menggunakan DO meter dan secara konvensional dapat dianalisis dengan 2 metode, yaitu metode titrasi dengan Winkler dan metoda elektrokimia.

Aerator Dissolved Oxygen
Mesin aerator atau pompa udara adalah mesin yang digunakan untuk meningkatkan DO dengan menginjeksi udara pada air. Mesin aerator digunakan misalnya di kolam ikan dan pengolahan limbah.

Pengukuran DO di kolam ikan sangat penting dan vital, karena salah satu parameter air yang paling penting bagi ikan tentunya adalah kadar oksigen di dalamnya.

Penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dan harga DO meter untuk kolam ikan akan dijelaskan di bawah.

Aerator digunakan untuk meningkatkan dissolved oxygen khususnya pada waktu-waktu dimana kadar DO sangat rendah, misalnya pada malam hingga fajar.

Pada pengolahan limbah menggunakan bakteri aerob, aerator digunakan untuk menambahkan kadar DO sehingga bakteri dekomposisi limbah dapat bekerja dengan baik.

Namun aerator harus dikontrol agar kadar DO sesuai dengan target, tidak berlebihan sehingga justru terjadi inefisiensi energi.
Harga DO Meter untuk Industri AMDK
Salah satu klien Ady Water yang pernah menanyakan harga DO meter dan beli DO meter ke kami adalah industri AMDK. Tahukah Anda apa fungsi DO meter untuk industri AMDK?

Pada air minum dalam kemasan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, kadar DO air harus dijaga agar aman bagi manusia dan juga aman bagi perpipaan / boiler air.

Jika air minum memiliki kadar DO tinggi, maka rasa air minum tersebut akan semakin nikmat dan segar. Kadar DO tinggi juga salah satu ciri yang mengindikasikan rendah nya bakteri.

Tapi jika air yang digunakan oleh industri memiliki DO tinggi, ini akan mempercepat korosi pada perpipaan dan boiler. Air yang digunakan di boiler dengan tekanan sangat rendah tidak boleh memiliki nilai DO lebih dari 2.0 ppm.

Berapa harga DO meter untuk industri AMDK? Tergantung DO meter yang Anda pilih. Kami punya merek DO Meter Hanna, Apera, Ionix, Lutron, dan lain-lain.

Ada yang harga DO Meter murah, ada juga yang high-end, semua dikembalikan pada kebutuhan Anda. Silakan konsultasi jika Anda tidak yakin akan merek DO meter dan tipe yang ingin Anda beli.
Harga DO Meter Murah untuk Kolam
Salah satu aplikasi DO Meter yang digunakan oleh klien Ady Water adalah untuk kolam ikan. Harga DO Meter untuk kolam bervariasi, tergantung dari spesifikasi seperti rentang pengukuran DO, resolusi DO, dan akurasi DO.

Mengapa penting untuk menggunakan DO meter untuk kolam? Hal ini karena dissolved oxygen (oksigen terlarut) jelas merupakan salah satu parameter paling vital untuk air sebagai habitat ikan, udang, atau yang lain yang kita pelihara/tambak.

Jika level DO pada kolam ikan Anda rendah, maka ini akan berakibat buruk. Ikan Anda akan sulit untuk tumbuh, berkembang, bereproduksi, bahkan sebagian besar akan mati.

Oleh karena itu, pengukuran DO harus dilakukan secara periodik, minimal pada fajar (titik DO terendah) dan pada petang (titik DO tertinggi).

Jika Anda melakukan pengukuran DO kemudian mendapatkan DO air kolam Anda sedang rendah, Anda bisa mengatur aerasi air kolam Anda.

Selain itu, nilai DO juga dapat memberikan Anda informasi mengenai ekosistem kolam Anda, seperti keberadaan fitoplankton atau keberadaan alga.

Berapa harga DO Meter untk kolam? Kami pastinya akan memberikan Anda harga DO Meter murah dan terjangkau, namun spesifikasinya tidak murahan. Untuk informasi dan pemesanan hubungi:

Harga DO Meter Murah - 0821 4000 2080

0812 2445 1004 (Kartiko)
adywater@gmail.com0813 2259 9149 (WA)

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com
http://www.pasirkuarsa.org

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.net

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:
http://www.pengolahanlimbah.com

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.uvwater.id

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung
https://goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2

Ady Water Jakarta Barat
https://goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw

Ady Gas
https://goo.gl/maps/dxH7ev1whuFVSpxv8

Ady Lab
https://g.page/ady_lab_ph_do_orp_tds_toc_meter

jual lampu UV
https://g.page/AdyWaterLampuUv

Jual Pasir Silika Aquascape
https://goo.gl/maps/4X89hJk9NtjBCHAN9

Ady Water Ciracas
https://maps.app.goo.gl/DqFug6kKjX4P3K2u9

Harga DO Meter Murah - 0821 4000 2080

Harga pH meter Hanna Instrument