Dapatkan harga terbaik, konsultasi terbaik & keamanan produk di sini

Tutorial Singkat Cara Menggunakan pH Meter Digital

Tutorial Singkat Cara Menggunakan pH Meter Digital

Tahukah Anda bahwa sangat mudah mempelajari cara menggunakan pH meter digital? Banyak orang salah mengira bahwa menggunakan alat ukur saintifik seperti pH meter adalah sulit. Padahal, hanya butuh beberapa menit saja dalam mempelajari caranya karena pH meter memang desain oleh manufakturnya untuk membantu pengukuran keasaman suatu larutan dengan singkat.
Cara Menggunakan pH Meter Digital, cara memakai pH meter digital, aturan memakai pH meter digital, Tahapan menggunakan pH meter digital
Salah satu pH meter yang dijual oleh Ady Water. Pelajari cara menggunakan pH meter digital nya!
Prinsip cara memakai pH meter digital berbeda dengan penggunaan kertas lakmus, misalnya. Penggunaan kertas lakmus hanya dapat menentukan apakah larutan ini larutan asam atau basa, tanpa mampu memberikan nilai eksak dari pH, hanya sebatas pendekatan saja. Begitupun menggunakan cara-cara organik seperti beberapa jenis vegetasi yang akan berubah warna pada rentang pH tertentu. pH meter digital akan betul-betul memberikan Anda nilai pH yang ingin Anda cari, tentu nilai akurasi nya tergantung dari pH meter digital yang dipakai. 

Karena ini adalah alat ukur saintifik, tentu aturan memakai pH meter digital memiliki suatu prosedur yang tetap dan tidak bisa dibolak-balik. Berbeda dengan alat ukur yang non-saintifik, bisa hasil yang dihasilkan tidak terlalu akurat. Sebagai analogi misalnya timbangan badan. Untuk mengukur berat badan Anda, bisa jadi hanya membutuhkan satuan kiloan tanpa perlu desimal. Tapi bandingkan dengan mengukur berat emas perhiasan? Tentu membutuhkan satuan hingga miligram. Menimbangnya tidak bisa langsung dimasukkan begitu saja, melainkan ada proses kalibrasi dan sebagainya.

Prosedural dalam cara menggunakan pH meter digital ini juga sama, karena alat ukur yang digunakannya adalah alat ukur saintifik, maka prosedur nya baku dan harus Anda ikuti tahap per tahap.

Tahapan Cara Menggunakan pH Meter Digital

Tahapan menggunakan pH meter digital ini disusun oleh Ady Lab, perusahaan yang bergerak di bidang alat-alat lab dan satu grup dengan Ady Water yang berkaitan dengan kebutuhan filter air industri. Silakan ikuti langkahnya dengan seksama.
1. Persiapkan satu set pH meter Anda. Bisa jadi Anda memiliki pH meter Lutron, Hanna, atau Ionix; tetapi setiap set pH meter harus memiliki yaitu pH meter, probe/elektrode, dan larutan buffer.
2. Pastikan fisik dan elektronik pH meter Anda berjalan dengan baik.
3. Lakukan kalibrasi. Kalibrasi adalah standarisasi ulang alat ukur. Dalam pH meter, digunakan larutan buffer, yaitu larutan dengan pH spesifik, misalnya 7,0 pH.
4. Siapkan larutan yang hendak diukur pH nya, lalu ukur dengan mencelupkan probe ke dalamnya. Diamkan hingga hasil yang tertera di layar tidak berubah lagi, lalu simpan set data di dalam pH meter atau dicatat secara manual.
5. Jika Anda ingin mengukur beberapa larutan kimia dalam satu hari, maka setiap kali mengukur jangan langsung celupkan pH meter ke larutan berikutnya, melainkan bersihkan dan kalibrasi kembali sebelum pengukuran untuk hasil yang paling akurat.
6. Jika telah selesai, simpan dengan baik ke tempatnya

Berikut adalah salah satu video cara memakai pH meter digital dan kalibrasi pH meter merek Lutron oleh tim Ady Water.



Jika Anda ingin mengetahui harga pH meter digital terbaru atau alat-alat lab lainnya, silakan hubungi Ady Water di:


Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
0821 4000 2080 (Fajri)
0812 2445 1004 (Kartiko)

0813 2259 9149 (WA)

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung

Ady Water Jakarta Barat

Ady Gas

Ady Lab

jual lampu UV

Jual Pasir Silika Aquascape

Ady Water Ciracas