Mudah Banget! Langkah-langkah Menggunakan DO Meter

Mudah Banget! Langkah-langkah Menggunakan DO Meter

Saat Anda membaca artikel ini, mungkin Anda merasa heran, betulkah mudah sekali dalam menerapkan Langkah-Langkah menggunakan DO meter? Bagi yang belum pernah menggunakan alat ukur saintifik, seperti halnya seorang anak SMA yang dikenalkan alat-alat laboratorium saat dia praktikum di kuliah, tentu pada awalnya akan merasa kesulitan. Mengapa? Karena alat-alat ukur saintifik ini tidak seperti alat elektronik yang biasa digunakan di kehidupan sehari-hari, seperti remote tv atau smartphone. Namun, jika kita break down, sebetulnya dari sisi teknis menggunakan alat ukur saintifik ini sama mudahnya dengan menggunakan produk-produk elektronik lainnya jika kita sudah terbiasa. Hanya saja yang berbeda adalah nilainya. Nilai dari pengukuran DO meter, misalnya, tentu berbeda dari nilai kita sebatas menggunakan smartphone untuk bermain game. Tetapi jika kita sudah menikmati, menggunakan DO meter ini sama seperti sedang bermain game sebetulnya.

Anda sebagai business owner atau sebagai user DO meter harus memastikan, petugas yang ingin mengetahui langkah-langkah menggunakan DO Meter betul-betul paham sehingga pengukuran bisa dihasilkan dengan cepat dan efisien. Masalahnya, berapa lama sih langkah-langkah menggunakan DO meter dari awal hingga akhir?

Mengejutkannya, langkah-langkah menggunakan DO meter dari awal sampai akhir hanya ditempuh dalam 5 menit saja, untuk satu kali pengukuran. Tentu saja, jika banyak pengukuran yang dilakukan, waktu akan lebih lama. Kecepatan pengukuran ini salah satunya diakibatkan didesain DO meter yang semakin lama dibuat memiliki response time lebih cepat dan lebih akurat untuk tipe-tipe terbaru, tentu harga nya berbeda dengan harga DO meter lama.

Jika Anda tidak mengikuti langkah-langkah menggunakan DO meter yang benar, besar kemungkinan hasil pengukuran Anda akan memiliki error (penyimpangan) yang besar (di luar error alat). Apakah ada perbedaan antara Langkah-langkah menggunakan DO meter Lutron, Horiba, Hanna, dan seterusnya? Sebetulnya secara umum sama saja. Hanya mungkin, karena fitur nya berbeda, maka letak perbedaannya hanya di order/susunan tombol di alat saja. Cara menggunakan DO meter bisa Anda tonton di video berikut ini:

Oleh karena itu, Anda harus dapat memahami 4 langkah di bawah ini.



Untuk lebih jelasnya, ADY LAB juga menuliskan secara umum langkah-langkah menggunakan DO meter dalam guide di bawah ini.
Cara Mengukur DO Meter

Urutan Langkah-langkah Menggunakan DO meter yang baik dan benar

Ada 4 urutan langkah-langkah menggunakan DO meter:
1. Siapkan DO Meter, perlengkapan, dan sampel larutan yang akan diperiksa di suatu meja kerja. Jangan biarkan ada barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan pengukuran ada di meja, ini adalah bagian dari prosedur laboratorium. Apalagi jika ada makanan atau minuman. Meski terlihat konyol, di lapangan ada user DO meter yang membawa makanan dan minuman dan meletakkannya di meja kerja. Tentu selain tidak sopan, ini akan sangat mengganggu penelitian. Jika Anda memeriksa langsung di lapangan, pastikan Anda berdiri di posisi yang aman. Jangan hiraukan keselamatan Anda dalam mengukur DO air di lingkungan, apalagi jika sungai atau danau tersebut dalam dan memiliki arus yang cukup untuk menghanyutkan Anda. Ingat, dalam kondisi darurat, nyawa Anda jauh lebih berharga dibandingkan alat ukur. Alat ukur jika rusak bisa dibeli kembali, namun nyawa tidak bisa. Oleh karena itu, utamakan keselamatan.
2. Lakukan kalibrasi DO meter. Sebagian besar DO meter digital sudah dilengkapi dengan mode kalibrasi automatis, yaitu ketika dihidupkan langsung mengkalibrasi. Di layar, pengukuran DO akan naik dari 0 hingga 100, lalu kembali ke posisi awal.
3. Ukur konsentrasi DO dari sampel dengan mencelupkan batang probe DO Meter dengan betul-betul terbenam. Jangan hanya mencelupkan ujung probe karena ini memengaruhi pengukuran. Jika di dalam gelas kaca, maka celupkan hingga ujung probe bersentuhan dengan dasar gelas kaca.
4. Setelah beberapa saat mencelupkan sehingga pengukuran tidak bergerak, angkat probe dan bilas lalu keringkan probe, kemudian simpan kembali DO meter pada tempat yang tersedia.

Sudah pahamkan bagaimana langkah-langkah menggunakan DO meter? Oh ya, jika Anda berminat mem beli DO Meter dari ADY LAB, silakan hubungi:
022 723 8019 ( call- fax)
022 6372 4915
0821 2742 4060 (Ghani)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0822 1620 7911 ( Uven )
0812 2165 4304 (Yanuar)
0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)
0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
0856 2476 9005
7C232720 (BBM)

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Untuk melihat produk Ady Water yang lain, Anda bisa masuk ke website:
www.adywater.com
www.karbonaktif.org
www.alatlab.org

Artikel Terpopular