Alat Air Minum Isi Ulang | Reverse Osmosis


Seiring dengan berkurangnya sumber mata air bersih, bisnis air minum isi ulang semakin berkembang pesat. Tingginya aktivitas dan kebutuhan akan efisiensi menjadi faktor pendorong diperlukannya air minum yang praktis.

Produk air minum isi ulang tidak dapat dipasarkan melalui toko ataupun distributor. Air minum isi ulang biasanya dijual dengan harga kisaran Rp 3.500 – Rp 12.000/galon.

Dengan nilai jual tersebut, umumnya si pengusaha akan mendapatkan keuntungan sebesar 70% dari nilai penjualan setelah dikurangi dengan biaya Listrik, biasa sumber daya manusia, biaya air, dan biaya lainnya.

Air minum isi ulang merupakan usaha yang sangat diminati saat ini. Keadaan dimana air minum isi ulang ber-merk mematok harga yang cukup tinggi, mendorong munculnya bisnis air minum isi ulang dimana-mana. Serta rendahnya biaya investasi dalam memulai bisnis air minum isi ulang dan perijinan yang mudah, semakin mempercepat pertumbuhan dari bisnis ini.

Besarnya investasi yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk air minum isi ulang, tergantung pada sistem yang ingin digunakan. Semakin tinggi teknologi yang digunakan, maka semakin tinggi biaya yang dikeluarkan.

Untuk menjalankan usaha ini, pelaku usaha diharuskan untuk membawa ke laboraturium departemen kesehatan untuk diuji. Apakah layak atau tidak layak dikonsumsi. Uji laboraturium tersebut dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Jenis-jenis depot air minum isi ulang berdasarkan teknologinya.

Air minum isi ulang air mineral
Air minum isi ulang ini memproses air dengan menggunakan teknologi sederhana, yaitu menggunakan beberapa pretreatment dan desinfektan untuk membunuh bakteri. Sehingga mineral atau partikel yang terdapat dalam air, tetap dipertahankan. Untuk jenis air minum isi ulang ini diperlukan air dengan kualitas baik.

Air minum isi ulang Reverse Osmosis
Untuk sistem ini, selain digunakan pretreatment untuk mengolah air bakunya, digunakan juga sistem penyaringan menggunakan reverse osmosis. Penyaringan melewati membrane semi permeable dilakukan setelah air diproses menggunakan pretreatment.

Dengan digunakannya teknologi reverse osmosis ini, partikel terlarut, bakteri ataupun virus tersaring berkisar 95-98%, sehingga air yang dihasilkan melalui penyaringan reverse osmosis ini hampir mendekati kategori air murni (Total Dissolved Solid 0-10 ppm).

Investasi yang diperlukan untuk air minum isi ulang reverse osmosis ini, Berkisar 2-3 kali lipat dari investasi air minum isi ulang yang biasa.

Beberapa metode Desinfektan pada air minum isi ulang:

Lampu Ultraviolet
Metode yang paling umum digunakan dalam air minum isi ulang untuk melakukan sterilisasi atau pembunuhan bakteri adalah dengan menggunakan lampu Ultraviolet. Dalam Damiu, ultraviolet akan diletakkan di akhir proses sebelum pengisian ke dalam galon.

Ultraviolet adalah pembunuh bakteri dan virus yang sering digunakan saat ini. Air isi ulang yang sudah dilewati oleh Lampu UV akan steril dan layak untuk diminum. Ultraviolet sangat ampuh digunakan untuk membunuh bakteria.

Ozon Generator
Penggunaan ozon generator banyak digunakan oleh air minum isi ulang untuk melakukan pembunuhan bakteri atau desinfektan, dimana Ozon merupakan gas O3 yang akan membunuh bakteri dan virus. Dan hasil gas O3 yang telah bereaksi akan kembali menjadi O2 (oksigen).

Unit desinfektan atau unit sterilisasi ozon (O3) berupa gas, dimana air isi ulang yang akan disterilkan, diinjeksi dan diaduk dengan ozon, sehingga Ozon tersebut akan larut dalam air dan membunuh bakteri dan virus.

Air minum ulang yang sudah dilarutkan dengan gas Ozon akan menjadi steril dan siap untuk dikonsumsi. Gas Ozon O3 tersebut akan dimasukkan ke dalam tangki hasil yang berbahan stainless maupun tangki plastik dan mensterilkan semua bakteri dan virus yang masih tersisa di tangki depot air minum isi ulang.

Dalam pembuatan Air minum isi ulang, penggunaan Ozon (O3) tidaklah mutlak harus digunakan. Lain halnya dengan penggunaan ozon generator di pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) yang merupakan suatu standar keharusan dari SNI.

Produk yang kami jual sangat berbeda dengan produk yang dijual bebas dipasar, karena kami membuat sistem penyaringan yang terlebih dahulu disesuaikan dengan kondisi mutu air baku yang digunakan. sehingga kualitas air yang dihasilkan akan jauh lebih terjamin kualitasnya.

Perusahaan kami melayani konsultasi gratis yang berkenaan dengan:

1. Water and Gas Treatment
2. Arang atau Karbon Aktif
3. Membran Reverse Osmosis (RO)
4. Pasir Kuarsa atau Pasir Silika
5. Alat Tes
6. Alat Dissolved Oxygen Meter
7. Alat BOD/COD Meter
8. Alat Conductivity Meter

Lain halnya dengan air yang diolah dengan teknologi reverse osmosis, Air yang diolah dengan teknologi tersebut mempunya kecenderungan bersifat murni. Air yang mendekati murni atau air demineralisasi adalah air yang hampir tidak mengandung mineral didalamnya, air jenis ini, mempunyai kecenderungan pahit dilidah dikarenakan kemurnian air tersebut. oleh karena itu, harus dilakukan beberapa teknik untuk mengubah rasa air tersebut menjadi lebih enak dan lebih manis.

Selain kelemahan dari teknologi reverse osmosis tersebut, terdapat juga keunggulan dalam penggunaan teknologi RO. Adapun kelebihan dari air murni yang diolah oleh reverse osmosis tersebut adalah memperingan kinerja dari ginjal manusia dalam menyaring kotoran, mengingat asupan makanan yang akhir-akhir ini semakin buruk kualitasnya akan membebani kerja dari ginjal.

Apakah ada gunanya jika kita meminum air yang tidak mengandung mineral atau air demineralisasi?

Disatu sisi, memang tubuh membutuhkan mineral, tapi tidak selalu. Banyak asupan mineral yang didapat dari daging, telur, sayuran, dan bahan makanan lainnya.

Jika air yang mengandung mineral atau tidak menjadi kontroversi, maka kami coba membahasnya dari segi sisi yang berbeda, dengan tidak membahas dari sisi mineralnya.

Maka kami akan mencoba membahas pada sisi kandungan logam berat dalam air tersebut, dimana air tanah, terutama di daerah yang sedang banyak pembangunan pabrik atau perumahan. Terdapat banyak sekali pencemaran pencemaran yang akan mengkontaminasi air tanah ataupun air permukaan.

Air yang terkontaminasi tersebut dapat mengandung banyak Logam berat yang berbahaya bercampur dengan mineral yang berguna bagi tubuh, dan apakah ada teknologi yang dapat memisahkan “hanya” logam beratnya saja?. jawabannya adalah “Tidak “.

Oleh karena itu, air yang tercemar tersebut harus disaring atau di filtrasi untuk membuang semua kandungan didalamnya, termasuk mineral maupun logam berat untuk mendapatkan air yang kualitasnya cukup baik. Dan setelah semua kandungan di dalam air tersebut tersaring, baru dapat kita tambahkan mineral yang baik didalamnya.

Untuk info dan pemesanan hubungi: 

022-7239019
0821 4000 2080
0856 2476 9005
0857 2352 9677
0813 2259 9149

e-Mail:
adywater@gmail.com

Kantor:

Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, Kode Pos 11480

Bekasi: 
Jalan Bintara Jayaraya No. 3 Bekasi Barat

Bandung:
Jalan Mande Raya No 26 Cikadut, Cicaheum Bandung

Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo